Beranda > Tips > Tips Merawat Laptop tetap awet

Tips Merawat Laptop tetap awet

Laptop memiliki beberapa komponen yang perlu dijaga dalam pemakaiannya, sehingga perawatan terhadap komponen-komponen laptop diperlukan agar fungsinya tetap maksimal. Perawatan laptop menjadi sangat penting agar keberlangsungan atau daya tahan laptop tetap baik, dengan perawatan yang baik maka umur laptop pun akan panjang, begitu juga sebaliknya. Perawatan terhadap laptop tidak hanya untuk laptop baru, laptop lama pun tidak ada salahnya untuk tetap merawatnya dengan baik, meski terlambat tapi masih ada kesempatan. Beberapa tips maupun cara untuk merawat laptop kita, tips ini merupakan hasil surfing dan survey diberbagai website, diantaranya adalah sebagai berikut :

Lakukan defragment secara berkala
Semakin banyak kita bekerja dengan menggunakan laptop, semakin banyak pula data yang tersimpan di dalam hardisk laptop, maka tidak mengherankan jika kinerja laptop akan berkurang. Akibatnya, performa menjadi kurang maksimal dan kerja laptop menjadi lambat. Hal tersebut masih bisa diminimalisir agar kinerja laptop tetap maksimal, caranya dengan menggunakan aplikasi defragment yang dilakukan secara berkala. Caranya adalah sebagai berikut : klik startlalu pilih all programkemudian pilih accessorieslalu pilih system tools lalu klik aplikasi disk defragment

Kurangi tingkat terang cahaya LCD laptop
Cara ini digunakan untuk menghemat pemakaian baterai. Dengan mengurangi pencahayaan pada laptop sesuai dengan batas minimal pencahayaan, baterai laptop akan lebih tahan lama ketika laptop digunakan dengan baterai atau tanpa dihubungkan dengan arus listrik. Berdasarkan pengalaman penulis, tingkat pencahayaan sebaiknya tidak melebihi level 4 (skala 10), dengan begitu kita dapat menghemat baterai 30% hingga 50%. Hemat bukan?

Hindari pengisian baterai ketika laptop sedang digunakan
Hal ini seringkali terjadi, bahkan mungkin pembaca juga pernah melakukannya. Mungkin ada maksud ketika kita melakukan hal tersebut, kita takut ketika baterai habis pekerjaan yang kita kerjakan menjadi tertunda atau ketika kita menghubungkan laptop dengan sumber listrik dan tiba-tiba aliaran listrik putus, makan pekerjaan yang kita kerjakan menjadi sis-sia karena tidak kita save terlebih dahulu. Padahal penggunaan laptop saat pengisisan baterai dapat mengurai umur baterai dengan cepat, sehingga baterai menjadi cepat drop saat digunakan. Bahkan baterai dapat saja mati total seketika saat aliran listrik tiba-tiba padam. Itulah resiko yang harus diterima ketika kita menggunakan laptop saat melakukan pengisian baterai. Jadi, sebaiknya gunakan laptop saat baterai sudah penuh sehingga tidak perlu dibarengi dengan pengisian baterai atau lepas baterai laptop ketika ingin menghubungkan laptop dengan sumber listrik.

Pasang pelindung
Pelindung akan melindungi laptop dari kerusakan fisik, pelindung laptop ini dapat berupa pelindung layar (screen protector), pelindung casing laptop (cover protector), danpelindung keyboard (keyboard protector). Selain melindungi dari kerusakan fisik akibat goresan ataupun tumpahan cairan, pelindung juga akan memudahkan dalam pembersihan laptop dan mencegah laptop cepat kotor.

Gunakan cooling pad bila perlu
Cooling pad berfungsi sebagai pelancar sirkulasi dalam mengeluarkan udara panas yang dihasilkan selama pemakaian laptop.

Matikan aplikasi yang tidak penting!
Kebiasaan pada saat menggunakan laptop, secara bersamaan kita menjalankan aplikasi yang terlalu banyak dengan tujuan mempercepat pekerjaan, padahal kinerja laptop akan semakin lambat dan akan mengurangi daya tahan baterai. Jadi, sebaiknya matikan aplikasi yang benar-benar tidak sedang digunakan agar kinerja laptop tetap maksimal dan daya tahan baterai tetap terjaga.

Hindari pemakaian hardware berlebihan
Hal ini juga sering terjadi pada saat kita sedang bekerja menggunakan laptop, terkadang banyak piranti eksternal terpasang di latop, dan memakai daya pada usb laptop. Sebaiknya hindari pemakaian hardware atau piranti eksternal yang berlebihan pada laptop karena dapat mempercepat penggunaan baterai pada saat laptop digunakan. Pemakaian alat eksternal memang tidak terlalu berpengaruh besar terhadap laptop jika penggunaannya hanya satu saja, namun bila banyak penggunaannya, maka baterai laptopa akan cepat habis.

Semoga artikel ini Bermanfaat. ;-)

Kategori:Tips
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: