Beranda > C++ > Bab 1 : Struktur C++

Bab 1 : Struktur C++

Jika anda sebelumnya  sudah membaca atau sudah mencari tau tentang apa itu bahasa pemrograman mungkin anda sedikit banyaknya sudah mengetahui apa itu bahasa pemrograman C++, misalkan anda belum mengetahui sejarahnya atau tentang bahasa C++ itu sendiri, di lihat dulu aja di SEJARAH C++ di situ anda akan sedikitnya tau tentang bahasa pemrograman itu sendiri dan bahasa pemrograman itu berkembang, dan di artikel ini mungkin anda melihat ada bab1 sampai seterusnya. maksut bab1 disini itu adalah agar anda dapat belajar C++ ini secara bertahap dan mudah memahaminya, maaf jika sekiranya saya seperti menggurui anda tetapi sebenarnya saya TIDAK pernah bermaksut seperti itu. saya hanya mencoba berbagi sesuatu hal yang kecil yang saya ketahui kepada anda.🙂 dan setelah ini selajutnya saya akan menulis tentang C++ ini secara bertahap dengan urutan bab ke bab jadi jika anda memang ingin bersungguh-sungguh belajar tentang C++ maka terus pelajari dan dipahami setiap pelajaran yang ada, oke🙂

sebelum memulai belajar C++.

Diharuskan sudah menginstal C++ itu sendiri di computer anda jika belum kamu instal download dulu di turbo c++ v4.5 .

Struktur Program C++

Struktur adalah sebuat rancangan atau apa saja yang harus ada atau di rancang di dalam sebuah program? Sebelum saya membahas lebih jauh tentang struktur perlu anda ketahui bahwa Setiap bahasa  pemrograman itu pasti mempunyai struktur dari pemrograman itu sendiri contoh salah satunya yaitu C++, jika anda masih bingun tentang apa itu struktur. kalo begitu kita coba aja langsung lihat contohnya:

# Include <namafile>

void main()

{

                                deklarasi

                                int : x=;

                                input

                                proses

                                ouput

}

  • #include adalah salah satu pengarah praprosessor yang tersedia pada C++, Bentuk #include <namafile> mengisyaratkan bahwa pencarian file dilakukan pada direktori khusus (direktori file include, yang bisa disetel melalui kompiler).

Mungkin anda masih sedikit bingung, menurut saya itu adalah hal yang sangat wajar apalagi anda adalah pemula atau belum pernah belajar C++ sebelumnya. perintah include disini berguna untuk menstel compiler(pengeksekusian pada perintah pada bahasa pemrograman itu sendiri) contohnya # include<iostream.h> adalah fungsi untuk menggunakan perintah cout maka harus menggunakan file header <iostream.h> dan ada juga <stdio.h> dan <conio.h> yang masing-masing mempunya fungsi untuk pemanggilan dalam bahasa pemrograman C++ itu sendiri.

  • Void main() merupakan keharusan pada C++, fungsi ini tidak memiliki nilai balik (return value), Fungsi main() merupakan menjadi awal dan akhir eksekusi program C ++, Diawali dari tanda { hinga tanda }disebut tubuh fungsi atau semua yang terletak didalam {} disebut Blok.
  • Dan terakhir yaitu DEKLARASI, INPUT, PROSES, OUTPUT :

DEKLARASI : setiap Variabel(suatu yang kita masukan dan memilik sebuah nilai, semua yang kita masukan ke dalam deklarasi di sebut dengan Variabel) yang ada di dalam C++ dan memiliki tipe data

INPUT : Memasukan Setiap Data Yang kita ingin masukan kedalam program yang kita buat, atau di dalam proses input ini kita akan membuat perintah-perintah kepada program sesuai dengan apa yang kita inginkan.

PROSES : Setiap Inputan dari Program yang kita buat  akan di peroses dari pendeklarasian variabel dengan input yang ada.

OUTPUT : Dan Terakhir setelah melalui penginputan dan Proses maka Program dan akan mengeluarkan Hasil dari Program atau output dari program itu sendiri.

CONTOH PROGRAM

Coba Anda Tampilkan Program Seperti Berikut :

Selamat Datang Di Program C++ (setelah digabungkan)

Jawaban : Syntax



Coba Anda Tampilkan Program Seperti Berikut :

Bahasa

C++

Bahasa C++ (digabungkan)

Nb: Liat Contoh Di atas terus menggunakan pengembangan Pemahaman sendiri.

Kategori:C++
  1. 13 Februari 2016 pukul 8:57 pm

    saya menggunakan dev C++, cara pakai iostream.h gimna ya? gagal terus hehe. thx🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: